Saturday, 3 December 2022

JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.3 CGP

 

JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.3 DENGAN MODEL 4F

 

VISI GURU PENGGERAK

Oleh : Nur Muarifah

CGP Kabupaten Brebes Kelas 7.146 


Perjalanan diklat calon guru penggerak telah sampai pada modul 1.3. yaitu tentang visi guru penggerak. Kita sering membaca sebuah visi. Entah visi sebuah organisasi, perusahaan, komunitas dan tentu sekolah masing-masing. Beruntung saya berkumpul bersama para CGP saat ini. Masing-masing CGP sangat visioner dengan visi yang disebutkan masing-masing CGP. Dan semakin terasa luar biasa ketika bertemu dalam lokakarya 1. Saling sharing tentang modul visi yang ternyata hampir dirasakan bersama bahwa menarasikan sebuah visi ternyata gampang-gampang susah. Tetapi dengan bimbingan fasilitator dan dalam ruang diskusi elaborasi semakin memberi pencerahan untuk menentukan visi hingga prakarsa perubahan.

Dalam modul ini ada banyak pembelajaran dan manfaat yang didapat untuk melangkah menjadi guru penggerak. Visi sangat memberi pengaruh besar. Pernahkah mencoba menuliskan mimpi-mimpi di note yang ditempel di dinding kamar? Seberapa besar efeknya bagi pemilik mimpi? Yang sudah mencoba pasti bisa menjawabnya. Ya, efeknya dapat membuat si pemilik mimpi terus berusaha menggapainya. Tulisan-tulisan itu mengingatkan bahwa ada yang ingin dicapai. Karena itu visi perlu dinarasikan sebagai rumusan apa yang ingin dicapai.

Jika visi telah ditentukan. Tentu tidak berhenti disitu. Bagaimana mungkin mimpi bisa terwujud jika tak dilakukan setiap jalur langkah yang harus dilakukan. Diperlukan prakarsa perubahan sebagai langkah berikutnya untuk menentukan arah pencapaian mimpi. Buah pikiran diturunkan disini atau inisiatif untuk mengembangkan ke dalam kegiatan yang dapat menjadi sebuah perubahan.

Prakarsa perubahan yang telah ditentukan diejawantahkan ke dalam detail langkah nyata. Hal ini bisa dipermudah dengan Inkuiri Apresiatif. 

Melalui Inkuiri Apresiatif kemudian dilanjutkan pada tahapan ATAP (Awali/Aset, Tantangan, Aksi, Pembelajaran) dan BAGJA ( B-uat pertanyaan, A-mbil pelajaran, G-ali mimpi, J-abarkan rencana, A-tur eksekusi). Tahapan ini mempermudah pelaksanaan kegiatan yang sudah dibuat dalam prakarsa perubahan.

Setelah memahami visi, prakarsa perubahan, tahapan ATAP dan BAGJA. Maka selanjutnya saya membuat visi sebagai guru penggerak yaitu, “mewujudkan siswa  yang beriman taqwa dan berakhlak mulia, mandiri dan kreatif, berintegritas, nasionalis serta berwawasan teknologi”. Dengan visi tersebut prakarsa perubahan yang ingin saya lakukan adalah melaksanakan pembelajaran BTQ untuk meningkatkan kemampuan baca Quran siswa. Dengan membentuk tim semoga kegiatan ini memberi manfaat dalam peningkatan kemampuan baca Quran siswa sebagai implementasi visi siswa yang beriman takwa dan berakhlak mulia.

 

0 comments:

Post a Comment